Thursday, April 4, 2019

Cara Memulai Percakapan Yang Baik dengan Calon Pelanggan


Percakapan merupakan hal yang sangat lazim bagi setiap orang. Namun bagi sebagian orang percakapan itu sesuatu yang sangat merepotkan. Sangat sulit untuk menemukan topik yang pas dalam memulai conversation yang baik. Bagi sebagian orang lebih memilih untuk menghindar interaksi secara langsung agar tidak canggung dalam bercakap.

Images from Pexels

Dalam berbisnis mengasah conversation itu sangatlah penting. Bagaimana kamu memulai percakapan akan menentukan bagaimana tanggapan dari calon pelanggan tersebut. Jadi, jika kamu menanggapi calon dengan cuek, siap-siap aja bisnis kamu akan dijauhi oleh calon-calon pelanggan lainnya.

Baca juga: Kegagalan Marketing yang Sering Terjadi dalam Bisnis

Pernah gak liat livechat atau chat support? Nah, coba kalian chat atau yang sering melakukan chatting dengan customer service, pasti paham gimana ademnya ditanggapi dengan baik. Hal ini akan memberikan nilai plus kepada bisnis kamu. Begitupula sebaliknya, terkadang ada customer service yang cuek dalam menanggapi, sering kali terlontar kata-kata kasar oleh pelanggan maupun calon pelanggan.

Conversation Menentukan Segalanya

Membuka obrolan ringan sangat mudah sebenarnya. Kamu tidak perlu memikirkan sesuatu yang rumit dalam percakapan. Anggap saja calon pelanggan adalah teman ngobrol kamu biasanya. Akan sangat membantu dalam melatih menghadapi pelanggan nyata. Kamu juga bisa membuka topik-topik ringan dengan orang-orang baru yang akan kamu jadikan target.

Memulai Percakapan

Kamu bisa membuka percakapan dengan awalan salam (muslim) atau dengan kata pembuka yang menyejukkan atau sopan. Lawan bicara kamu pasti akan menilai setiap tutur kata yang kamu berikan, jadi pastikan kata-kata yang kamu pakai bukanlah kata yang sulit untuk dipahami oleh client ya. Gunakan kata-kata yang baik dalam berbicara, biasanya dibuka dengan kata-kata :

  • Halo mas, saya dari perusahaan X menawarkan kerjasama dengan mas. Jika berkenan, saya mengharapkan balasan dari mas.
  • Salam, Marketer
  • Assalamualaikum mas, maaf nih ganggu. Jika berkenan, saya ingin menawarkan mitra kerja dengan mas untuk jangka panjang. Saya tertarik dengan bisnis yang mas bangun.
  • Etc.

Beberapa sample diatas yang sering saya gunakan untuk membuka topik percakapan ringan dengan client atau teman yang tersedia di sosial media saya. Beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum memulai conversation dengan calon pelanggan sebagai berikut :

  1. Perhatikan siapa lawan bicara.
  2. Jika percakapan diawali dengan hal keruh, kendalikan suasana dengan membawa ke hal yang lebih ringan.
  3. Pastikan calon pelanggan punya ketertarikan dengan jasa bisnis kamu.
  4. Hindari jam-jam sibuk yang mengganggu kegiatan.
  5. Etc.
Kamu juga harus sering melakukan conversation dengan kerabat-kerabat kamu, hal ini akan membantu kamu untuk melatih mental dan tata-cara berbahasa lebih mudah.

Referensi: Kebiasan pribadi saat melakukan negosiasi dengan client

2 comments

Wynn Palace is the biggest and best casino in town
A huge range of 러시안룰렛 gaming, entertainment, 라이브스코어사이트 dining, shopping, and more. 토토 랜드 같은 With over 우리계열 1,300 hotel 다파벳 rooms, there's never a dull moment at Wynn Palace.

To do this, the spindle axis must operate as a servo so it may be} exactly positioned at a specific angle. Turning Centers that may act as milling machines are referred to as Mill-Turn Machines. The most elaborate CNC Milling Machines are referred to as “Machining Centers.” For example, there are Vertical Machining Centers (VMC’s) and Horizontal Machining Centers (HMC’s). The vertical and horizontal refer to whether Men’s House Shoes the axis parallel to the spindle (typically “Z”) is vertical or horizontal.


EmoticonEmoticon